Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media Pembelajaran

Sudah saatnya para Guru memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media Pembelajaran. Berbagai media seperti; vcd, cd interactive, cassette recorder dan internet khususnya situs pendidikan yang tersedia dan telah menyediakan materi berbagai mata pelajaran sangat membantu bagi para Guru dalam kegiatan belajar mengajar. Tinggal bagaimana skill para Guru untuk dapat mengoperasikan dan mencari sekaligus menemukan kemudian memberikan informasi kepada peserta didik. Tentunya ini sebuah tantangan atau bahkan keharusan bagi para Guru untuk memiliki skill ini di era globalisasi informasi.

Apalalagi sebuah sekolah atau madrasah yang sudah memiliki jaringan internet dan dilengkapi hotspot area seperti di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gandekan Bantul tentunya akan lebih memudahkan bagi para guru untuk berkreasi dan juga membuat inovasi dalam mengajar sehingga menjadikan sebuah kegiatan belajar mengajar yang lebih menarik. Di dalam kelas selama proses KBM berlangsung dapat bersamaan pula mengakses internet. Dapat pula mencari materi dan informasi yang benar benar uptodate untuk di dapatkan dengan cepat.

Dengan semakin lengkapnya fasilitas di MAN Gandekan Bantul khususnya di bidang IT, diharapkan para Guru dapat memanfaatkan sebagai media pembelajaran dan dengan demikian terwujudlah suatu sistem belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain di lingkungan MAN gandekan Bantul khususnya atau dapat di sebut juga:

E-Learning MAN Gandekan Bantul (ELMANDEBA)

Dan akhirnya mari;

“Improve ourselves to do the best for our students”

Berikut ini beberapa tautan tentang TIK:

1. Tips Bagi Guru Dalam Memanfaatkan Media TIK

2. Potensi TIK Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kelas

3. Guru dan TIK

About Mohammad Zaidan

learning by doing

Posted on September 30, 2008, in Pendidikan. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Namun semuanya itu tergantung penerapannya di lapangan. Sekolah yang masih di lingkungan pedesaan, nyaris belum memiliki tenaga pendidik yang melek teknologi komputer alias hampir semuanya gaptek. Oleh karena itu perlu penyadaran yang gigih kepada para guru tentang hal itu. Selamat untukmu juga untuk MANDEBA. Sebagai salah satu alumninya (alumni 1983), PF tuk semuanya. Semoga semua tenaga pendidik yang ada di MANDEBA selalu mengimbangi perkembangan teknologi yang ada. Juga tak kalah pentingnya, semua murid/siswanya berjalan seiring, seiya-sekata. Bersama kita bisa maju segera. ya, semoga.

  2. Blognya bagus sekali Pak….sangat informatif!
    salam kenal

  3. boleh dilengkapi lagi tentang media teknologi informasi sehingga dapat menyenangkan dalam penyampaian pembelajaran kepada siswa.

    wahyu p smp 178 jakarta

  4. siiip ooommmm……..kunjungi webku ya…kalo bisa tips SEO na donk…salam buat lek topik,p nursalim…dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: